Wednesday, November 19, 2014

Fisika Komputasi: Pemrograman Matlab

Pemrograman Matlab

Pada praktikum matlab, dilakukan percobaan pemilihan bersyarat untuk menghitung waktu paruh dan tinggi objek. Pada skripnya, terdapat ketentuan-ketentuan yang ditulis oleh programmer, sehingga pada penjalanan program tinggal memasukkan data yang diinginkan saja. Pada skrip matlab, untuk memasukkan data yang diinginkan dilakukan dengan menuliskan perintah x=input(‘masukkan nilai x ‘) sedangkan untuk menampilkannya di command promp digunakan perintah disp(‘nilai dari x adalah ‘).

Selain menggunakan command promp (command windows) matlab menyediakan editor penulisan naskah yang disebut matlab editor, berfungsi untuk membuat skrip program matlab. Adapun cara untuk memanggil matlab editor ini yaitu mengklik menu menubar FILE lalu pilih new dan klik M-File. Walaupun skrip program dapat dibuat dengan menggunakan berbagai program editor seperti notepad, wordpad, word dan sebagainya. Namun, sangat dianjurkan untuk menggunakan matlab editor ini karena kemampuannya dalam mendeteksi kesalahan pengetikan syntak oleh programmer. Adapun file yang disimpan akan berekstensi .m (file-m).


%Menghitung Tugas 3   
clear;   
h = input('Tinggi Pengamat h: ');  
D = input('Jarak Pengamat Terhadap Objek D: '); 
teta = input('Sudut Pengamat Terhadap Objek teta: '); 
t_real = h+D*tan(teta*pi/180);
disp('Jadi Tinggi Objek Sebenarnya =');disp(t_real);         


Contoh Hasil Running Mengitung Tinggi

Pada matlab dapat dilakukan operasi aritmatika seperti penambahan, pengurangan, pembagi dan operasi arimatika lainnya. Variabel pada matlab diberi nama yang dimulai dengan huruf atau angka, maksimum 31 karakter. Pada matlab juga terdapat konstanta yang sudah ada dalam program matlbab tersebut seperti pi, eps untuk konstanta epsilon atau I untuk bilangan imajiner akar -1. Seperti pada pemrograman yang sejenis, matlab juga mempunyai perintah-perintah sendiri seperti tanda % sebagai perintah untuk mengawali komentar, tanda koma (,) untuk memisahkan dua pernyataan dalam sebaris, tanda (…) untuk menyatakan statement ke baris selanjutnya.

Matlab juga terdapat fungsi-fungsi matematis. Fungsi-fungsi matematis yang disediakan oleh matlab untuk memudahkan para pengguna dalam melakukan komputasi yaitu acos(x) untuk menghitung nilai arcus cosinus x, cos(x) untuk menghitung nilai cosinus x dan fungsi-fungsi matematis lain. Matlab dapat digunakan untuk struktur matriks, karena pada dasarnya matlab merupakan program untuk mengolah matriks. Untuk vektor baris dapat dibentuk dengan instruksi seperti a=[1 2 3 4 5] sedangkan untuk membuat vektor kolom dapat dibuat dengan perintah b=[1 ; 2 ; 3] sedangkan matrik 3x3 dapat dibuat dengan perintah c=[1 2 3; 4 5 6; 7 8 9].

Untuk mendapatkan laporan lengkapnya silahkan mengikuti tautan berikut untuk: Download Pemrograman Matlab

1 comment:

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete