Saturday, May 15, 2010

Hukum Induksi Faraday

Hukum Induksi Faraday

Hukum Induksi Faraday adalah hukum yang menyatakan bahwa tegangan gerak elektrik imbas  di dalam sebuah rangkaian adalah sama ( kecuali tanda negatifnya) dengan kecepatan perubahan fluks yang melalui rangkaian tersebut. Jika kecepatan perubahan fluks dinyatakan didalam weber/sekon, maka tegangan gerak elektrik  akan dinyatakan di dalam volt.
Tanda negatif tersebut adalah suatu petunjuk mengenai arah tegangan gerak elektrik imbas.

Jika kita memakaikan persamaan diatas kepada sebuah koil yang terdiri dari N lilitan, maka sebuah tegangan gerak elektrik muncul di dalam setiap lilitan dan semua tegangan gerak elektrik ini harus di jumlahkan. Jika koil tersebut di lilit dengan begitu eratnya sehingga setiap lilitan dapat dikatakan menempati daerah yang sama dari ruang, maka fluks yang melalui setiap lilitan akan sama besarnya. Tegangan gerak elektrik imbas di dalam semua alat seperti itu adalah di berikan oleh :

dimanamengukur apa yang dinamakan tautan fluks di dalam alat tersebut.

Contoh soal :
sebuah solenoida panjang mempunyai 20 lilitan/cm dan mengangkut sebuah arus sebesar 1,5A,diameternya adalah 3,0cm .pada pusat solenoida kita menempatkan sebuah koil yang terbungkus rapat yang diameternya 2,0cm dan yang terdiri dari 100 lilitan.koil tersbut disusun sehingga B dipusat solenoida adalah sejajar dengan sumbunya.arus di dalam solenoida di reduksi menjadai nol dan ke,mudian di naikan sampai 1,5A didalam arah lain pada kecepatan pertambahan yang tetap selama perioda 0,050 s.berapakah tegangan gerakelektrik imbas yang muncul di dalam koil sewaktu arus diubah?

Medan B dipusatkan solenoida di berikan oleh persamaan di atas, atau

             = (4 x 10 -7 T.m/A)(200 x 102 lilitan/m)  
  (1.5A) = 3,8 x 10-2 T

Luas koil (bukan luas solenoida) adalah 3,1x10-4  m2. Fluks mula-mula   yang melalui setiap lilitan koil diberikn oleh
Fluks berubah dari nilai mula-mula sebesar 1,2x10-5 Wb menjadi nilai akhir sebesar -1,2x10-5 Wb. perubahan fluks

 untuk setiap lilitan koil selama perioide 0,050 s dengan demikian adalah dua kali nilai semula. Tegangan gerak elek elektrik imbas adalah di berikan oleh:

 Tanda negatif menyangkut arah tegangan gerak elektrik, seperti yang kita terangkan di bawah.

2 comments:

  1. gmna itu (200x120 lilitan/m) dari mana itu ?
    next: (3,8x10'-2'T)(3,1x10'-4'M)= bukannya hasilnya 11,78

    ReplyDelete
  2. terus luas koilnya 3,1x10'-4' itu dari mana?

    ReplyDelete